FITK IAIN Mataram Menyelenggarakan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI

Prodi Tadris/Pendidikan Matematika FITK IAIN Mataram Menyelenggarakan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI

 

Dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor (WR) I IAIN Mataram Dr. H. Masnun, M.Ag bersama Dekan FITK IAIN Mataram Dr. Hj. Nurul Yakin, M.Pd, di Hotel Fave, Kamis 28 Januari 2016. Dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Tadris/Pendidikan Matematika yang hampir setiap bulan rutin melaksanakan kegiatan ilmiah, bulan ini saja tercatat telah Sembilan kali menyelenggarakan kegiatan ilmiah. Sambutan tersebut diapresiasi para peserta.

Dr. Masnun, sapaan akrabnya menyatakan bahwa mulai 1 februari 2016 KKNI akan diterapkan di IAIN Mataram. Di akhir sambutannya WR 1 mengutip pernyataan salahsatu tokoh yang tidak disebutkan namanya yaitu kunci hidup itu rumusnya ada dua yaitu dengan menguasi bahasa maka dunia akan dikuasai berikutnya dengan menguasai Matematika engkau akan dapat menghitung dunia. Para pesreta diharap serius untuk mengikuti kegiatan tersebut sehingga product dari workshop ini dapat diaktualisasi nyata di kampus. Demikian imbuhnya.

Untuk memperkaya wawasan keilmuan para Dosen Prodi Tadris/Pendidikan Matematika, kegiatan tersebut menghadirkan narasumber nasional Dr. Awi Dassa, M.Si (Dosen Jurusan Matematika Universitas Negeri Makasar) dengan menguraikan materi tentang rancangan kurikulum prodi, perumusan profil prodi, perumusan pencapaian pembelajaran prodi berdasarkan deskripsi KKNI level 6 dan menyusun matrik capaian pembelajaran dengan bahan kajian (KBK).

Menurut Ketua Prodi Tadris/Pendidikan Matematika, Dr. Syamsul Arifin, MA. Kegiatan ini diselenggraakan untuk semua dosen di prodi tersebut dengan orientasi kegiatan dimaksud pertama, memenuhi tuntutan peraturan dan perundangan bahwa kurikulum berbasis KKNI harus diterapkan pada tahun 2016, kedua. Kegiatan ini dihajatkan agar para dosen memahami konsep KKNI dan mampu mengimplementasikan dalam kurikulum, perangkat pembelajaran dan dalam proses pembelajaran di kelas. Ketiga, terwujudnya kurikulum Jurusan Pendidikan Matematika FITK IAIN Mataram berbasis KKNI. Keempat, sebagai usaha untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran dan, kelima. Sebagai ikhtiar untuk meningkatkan lulusan Jurusan Pendidika Matematia yang memiliki kwalifikiasi dan kompetensi dalam bidang pendidikan, pembelajaran, research, dan entrepreneurship dalam pendidikan matematika. Demikian ungkapnya.

Di kesempatan yang sama Dekan FITK IAIN Mataram mengapresiasi kegiatan ini, bahwa dengan akan diberlakukannnya kurikulum berbasis KKNI pada tahun 2016 dan sebagai upaya mengikhtiarkan kesiapan IAIN Mataram road to UIN. Lebih jauh, Ibu dekan menyatakan bahwa dengan KKNI yang di workshopkan di Prodi Tadris/Pendidikan Matematika FITK IAIN Mataram diharapkan mampu menyelaraskan sistem pembelajaran, pendidikan dan pelatihan dengan sistem karir di dunia kerja. Nah, dengan KKNI, nantinya IAIN juga siap berkompetisi pada ajang MEA 2016 ini, karena KKNI setahu saya dirancang dengan mempertimbangkan kulaifikasi negera lain semisal Eropa, Australia, Inggris, Scotlandia, Hongkong, dan Selandia Baru. Hal ini menjadikan kualifikasi yang tercakup dalam KKNI para lulusan dapat dengan mudah disetarakan dan diterima oleh negara lain di kawasan ASIA.