Workshop Kehumasan [part 2] : Membangun Sinergi Dengan Media Lokal NTB

img_1250

Para peserta Workshop Kehumasan berfoto bersama di sela-sela kegiatan yang digelar di Lombok Raya Hotel Mataram, Senin (29/12) (Humas IAIN Mataram)

Mataram (Humas)–Humas IAIN Mataram kembali menggelar kegiatan workshop kehumasan : membangun citra dan reputasi positif Institusi melalui kerjasama media di Lombok Raya Hotel Mataram Kamis (29/12). Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergi dengan media lokal yang ada di Daerah NTB dalam rangka menemukan pola kerjasama untuk bersama sama secara aktif membangun dan mengembangkan Lembaga Pendidikan IAIN Mataram melalui publikasi positif terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan IAIN Mataram.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh hampir semua karyawan IAIN Mataram yang merupakan stakeholders dan praktisi kehumasan kampus, unit Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Lembaga Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan media lokal NTB. Total peserta sekitar 60 orang peserta yang berasal dari unsur rektorat dan fakultas di IAIN Mataram.

Sebagai pembuka dalam laporan kegiatan, Kasubag. Humas menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang diadakan sebelumnya di Fave Hotel Mataram yang bertujuan menyisir masukan bagi penyempurnaan layout dan pengayaan konten website IAIN Mataram, kemudian dilanjutkan kegiatan pada kesempatan ini yang bertujuan untuk membangun sinergi dengan media lokal NTB dalam rangka mempublikasikan citra dan reputasi positif Institusi .

Di hari pertama, tampil sebagai nara sumber adalah Fairuz Abadi atau lebih dikenal dengan panggilan Abu Macel, Pendiri Kampung Media NTB. Ia, menyampaikan materi tentang bagaimana memaksimalkan peran media internal yang ada dalam Institusi dalam hal peningkatan rating dan viewer website sebagai ujung tombak dalam publikasi dan sosialisasi kegiatan positif  IAIN Mataram dalam rangka membangun citra dan reputasi positif  Institusi.

Menurutnya, pengalaman membangun Kampung Media sampai sukses sekarang ini bisa diterapkan dalam membangun dan mengembangkan media kampus. Ia juga memberikan kesempatan promosi Kampus di website Kampung Media terhadap tulisan ilmiah dan berita program dan kegiatan kampus dalam rangka sosialisasi. Inilah yang saya maksud dengan pola kerjasama dengan media dalam hal membangun citra positif institusi, tutupnya.

Selanjutnya di sesi kedua diisi oleh Agus Kasmiadi, Kepala LPP TVRI NTB. Ia, menyampaikan bahwa TVRI siap berkontribusi untuk kemajuan IAIN Mataram. Selama ini TVRI NTB selalu menyediakan ruang bagi sivitas akademika IAIN Mataram untuk berkarya, hal ini dibuktikan dengan disamping peliputan berita kegiatan, TVRI juga menjadikan dosen-dosen IAIN Mataram menjadi nara sumber acara talk show, termasuk saat ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan alumni untuk menjadi presenter/host.

Kedepan dibutuhkan kerjasama yang lebih baik lagi dalam rangka mendukung program kedua belah pihak sehingga kegiatan-kegiatan IAIN Mataram lebih cepat terpublikasi dan di ketahui oleh masyarakat, tutupnya. Sesi penyampaian materi dipandu oleh moderator handal bang hairil Anwar, dosen FITK IAIN Mataram.

Terkait kegiatan ini Rektor IAIN Mataram yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Dr. H. Achmad Amir Aziz, M.Ag,  saat membuka acara mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Ia, berharap output kegiatan ini dapat menemukan pola kerjasama media yang lebih menguntungkan. Citra positif seperti misal masih adanya kesalahan penyebutan IAIN Mataram di masyarakat dan Instansi Pemerintah yang menyebut IAIN Mataram sebagai STAIN Kota Mataram, STAIN NTB, bahkan ada surat yang masuk dari Instansi Pemerintah yang bertuliskan kepada yang terhormat Rektor Universitas IAIN Mataram. Kondisi ini menandakan bahwa kita butuh sosialisasi yang masif kepada masyarakat. Akhirnya besar harapan kita melalui kegiatan ini, citra positif lembaga dapat ditangkap oleh masyarakat dan stakeholders lainnya, ungkapnya. (Humas IAIN Mataram)